Kulit asli / genuine leather

Kulit asli / Genuine Leather
Ada 3 Grade bahan jok kulit asli, yakni Grade A, B dan C.
Grade A merupakan lapisan teratas dari kulit sapi (mendekati kulit terluar),Grade B terletak diantara daging dan kulit atas,Grade C adalah lapisan kulit yg menempel ke daging.

Semakin dekat daging, maka kualitasnya semakin berkurang krn banyakunsur aneline (sejenis lemak yg banyak unsur airnya).
Kabin mobil adalah tempat yg mudah lembab dan kering secara cepat, maka sebaiknya hindari grade C, krn akan menimbulkan bau "apek".
Ditilik dari teksturnya, kulit terbagi dalam 3 jenis, yaitu:

NAPPA
Kulit jenis ini memiliki karakter permukaan yang halus dan lembut. Tak heran, Nappa kerap kali menghiasi kabin mobil mewah kaeran memiliki tingkat kenyamanan paling tinggi. Membuat kulit Nappa pun tidak mudah. Selain diambil dari permukaan kulit luar sapi yg wajib bebas dari luka (keloid), proses pengawetan dan pencelupannya juga harus lebih teliti, serta penyayatan pertama tidak boleh sobek. Kulit Nappa diambil dari celah antara kulit atas dan bawah dengan ketebalan 1.1-1.3 mm. Kulit Nappa juga memiliki pola yang halus, saking halusnya, pori2 baru bisa terlihat saat kulit dicubit.



Top Grain Leather
Di Seluruh permukaan kulit ditemui kerutan layaknya kulit jeruk. Namun hal ini bisa jadi merupakan motif atau emboss dari permukaannya. Ciri khas kulit ini seolah berminyak dan saat disentuh terasa licin. Top Grain Leahter biasanya dipilih dari kualitas grade B dan C, meski demikian, kulit ini tetap layak sebagai pelapis Jok.



Suede
Sekilas, permukaan kulit Suede memiliki bulu-bulu halus seperti kain beludru. Kulit Jenis ini diambil dari sisi bagian dalam kulit yang diproses agar tercipta bulu-bulu halus di seluruh permukaan. Tekstur unik ini kerap kali menjadi kebanggaan kalangan pehobi dan penggemar modifikasi. Namun, kulit Suede kurang berdaya tahan lama. Selain itu, agak sulit pemeliharaannya. akan tetapi memiliki umur pakai yang lebih lama.





Semi kulit / synthetic leather



Mbtech
Kulit asli / genuine leather

Autoleder



Tidak ada komentar:

Posting Komentar