Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Mengganti Sarung Jok Kulit Pada Mobil Toyota NAV1

Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Mengganti Sarung Jok Kulit Pada Mobil Toyota NAV1


Mobil Toyota NAV1 merupakan adik dari mobil Toyota alphard yang cukup populer dan mewah. meskipun begitu Toyota NAV1 tidak kalah dari Toyota alphard dengan keunggulan pada tingkat kenyamanan dan kemewahannya. Toyota NAV1 dilengkapi dengan fitur jok captain seat yang dapat diputar.

Meskipun begitu, tidak sedikit juga orang yang mengganti sarung jok mobil yang mereka miliki. Pada sarung jok pabrikan memang terkadang kurang memuaskan, meskipun produknya berkualitas baik. sarung jok mobil mempunyai beberapa pilihan bahan, diantaranya ada bahan kulit sintetis dan bahan kulit asli.

Sebagian dari mereka mengganti jok mobil Toyota NAV1 sebagai salah satu modifikasi untuk menambah keindahan, kemewahan, serta tampilan yang elegan. Tidak sedikit juga dari mereka yang mengganti sarung jok dengan maksud untuk menambah kenyamanan ketika berkendara.

Selain itu banyak juga pengendara dan pemilik mobil yang berencana untuk mengganti sarung jok mobil mereka, dengan banyak alasan yang beragam. Sebagian orang beralasan karena sudah bosan dengan tampilan atau desain sarung jok mobil yang seperti itu terus menerus, dan sebagian lain dikarenakan upaya mempertahankan jok standar agar tetap awet.


Dengan berbagai alasan untuk dapat mengganti sarung jok mobil yang anda miliki, tentunya sebelum mengganti sarung jok anda harus mengetahui kebutuhan mobil anda. Berikut ini beberapa hal yang wajib anda ketahui sebelum membeli peralatan mengganti sarung jok mobil.

  1. Pilih bahan yang sesuai keinginan

Seperti penjelasan di atas bahwa bahan yang digunakan dalam pembuatan sarung jok mobil ada dua, yang pertama adalah bahan dari kulit hewan asli, dan yang kedua adalah bahan dari kulit sintetis. Terkhusus pada bahan kulit sintetis, biasanya digunakan dua bahan dasar yakni polyvinyl chloride (PVC), dan polyurethane (PU).


  1. Pilih tekstur dan warna

Setelah menentukan bahan sarung jok apa yang akan anda gunakan, selanjutnya anda dapat memilih tekstur dan warna yang cocok dipakai sesuai dengan selera anda. Pada bahan sarung jok biasanya terdapat motif atau corak pada permukaannya. Dengan corak atau motif yang berbeda-beda anda dapat menentukan motif yang anda suka, dan juga anda dapat menentukan warna yang akan anda pakai pada kursi mobil.


  1. Sesuaikan budget

Dengan perbedaan warna, bahan, serta corak atau motif yang ditawarkan pada sarung jok mobil Toyota NAV1, membuat harga jualnya pun berbeda-beda. pada jenis bahan sarung jok yang menggunakan kulit asli mempunyai harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan kulit sintetis, bahkan dapat dua kali lebih mahal.

Dan motif bahan pada jok mobil yang dijual pun juga beragam. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menerima  pembuatan sarung jok mobil dengan motif custom. Untuk biaya pada sarung jok dengan motif atau desain custom, bernilail hingga 3 juta. sedangkan yang murah dan apa adanya cukup dengan harga 700 ribu saja.


Banyaknya peminat modifikasi kendaraan bermotor atau otomotif di kalangan masyarakat, membuat sebagian orang menjadikan kegiatan modifikasi sebagai salah satu hobi yang menarik dan menyenangkan. Modifikasi sendiri sebenarnya tidak hanya melulu mengenai perubahan pada bagian eksteriornya saja, modifikasi pada mobil terbagi menjadi beberapa bagian yakni, bagian interior, dan eksterior.

Dengan anda mengganti sarung jok mobil yang anda miliki, tentu saja hal tersebut sudah dinamakan dengan modifikasi jok mobil. Setelah pembahasan sebelumnya mengenai sarung jok pada mobil Toyota NAV1, berikut ini beberapa inspirasi dalam pemilihan warna yang cocok untuk desain interior dalam mobil Toyota NAV1 dan dapat juga anda gunakan pada mobil jenis lain untuk menambah nilai elegan.

  1. White elegan

Pemilihan warna tersebut dipercaya dapat menambah dan memberikan sentuhan kemewahan daerah yang dilapisi dengan warna elegan roadstar tersebut diantaranya bagian samping, sayap dalam, headrest, area pundak, dan juga belakang jok mobil. Yang kemudian pada area tengah tepatnya pada dudukan diberi motif wave line mix diamond cut dengan warna off white.


  1. Black beauty

Pemberian warna dual tone (white) dapat digunakan untuk melapisi permukan tengah jok tepatnya pada dudukan dengan tambahan classy garis horizontal di ujung dudukan dan sandaran jok. Dan sisi lainnya pada jok diberi warna iguana.


Selain dari kedua inspirasi itu, anda juga dapat menggunakan perpaduan warna burgundy dan beige. Atau dapat juga menggunakan perpaduan antara merah dan hitam dengan warna hitam yang lebih mendominasi, yang mana kedua warna tersebut jika dipadukan terlihat sexy dan elegan.

Selain untuk menambah kesan mewah dan menarik, anda juga sebaiknya mengganti sarung jok mobil anda jika memang kondisi sarung jok sudah usang, bahkan perlu anda ganti jika memang sudah berlubang. Selain mengganti sarung jok mobil, sebaiknya anda juga harus mencuci dan membersihkan sarung jok yang memang bahannya tidak tahan air. 

Jika bahan sarung jok mobil tidak tahan air, dapat membuat pertumbuhan jamur dan bakteri. Jika desain model sarung jok mobil anda dapat dengan mudah dicuci maupun di lepas pasang, jangan lupa untuk mencuci dan membersihkannya secara rutin.

Demikian sudah penjelasan mengenai sarung jok mobil Toyota NAV1 dan tips tersebut tidak hanya berlaku pada mobil tertentu saja, tetapi berlaku untuk semua jenis mobil. Bagaimana apakah anda sudah punya rencana untuk modifikasi mobil anda dengan mengganti sarung jok mobil yang anda miliki, agar lebih mewah dan elegan.