Model dan pemasangan jok mobil

Model dan pemasangan jok mobil

Apabila anda melihat interior rumah yang mewah dan nyaman mungkin terbesit di pikiran anda bisakah sofa yang mahal ditaruh di dalam mobil, jawabnya bisa. Sofa mahal yang di tawarkan di toko furnitur saat ini dapat anda aplikasikan kedalam mobil anda. 

Saat ini anda dapat membuat berbagai model sarung jok mobil yang anda inginkan. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan sejak lama, tetapi karena trend yang selalu berubah maka jok kulit pun mengalami perubahan trend. Semua jenis dan model ini dapat diaplikasikan dengan semua jenis bahan untuk jok, terutama bahan kulit atau semi kulit (sintetik).

Teknik Penjahitan Jok mobil(Single or Double Stitch)
Sebelum anda mengenal lebih lanjut sebaiknya anda mengenal teknik jahitan yang biasa di terapkan pada jok mobil. Teknik penjahitan dalam pembuatan jok kulit ada 2 yaitu single stitch dan double stitch. Single stitch berarti jahitannya hanya satu baris sedangkan double stitch jahitannya ada dua baris.
Jahitan double stitch lebih kuat, terlihat lebih rapih dan mewah. Pejahitan double stitch yang benar dilakukan dengan menggunakan mesin jahit yang bermata 2, jadi jalur jahitan terlihat harmonis dan jalan bersamaan pada seluruh area. Tetapi ada juga penjahit (yang tidak memiliki mesin jahit bermata dua) yang mengakali double stitch dengan cara menjahit dua kali jalan. Memang jumlah jahitan menjadi dua buah tetapi hasil pengerjaan tidak akan memuaskan karena bagaimanapun juga jarak antara jahitan pertama dengan kedua tidak merata (kadang rapat kadang renggang) sehingga malah terlihat berantakan.

Jenis Pemasangan
Ada dua alternative pasang jok mobil yang bagus: sarung dg tali2/kancing/zipper dan cover jok paten.
Cover Jok Paten
Cover jok paten dipasang sesuai standard pabrikan spt halnya mobil2 premium yg telah dilengkapi oleh jok kulit. Cover jok paten tidak dijahit ke busa jok, tetapi memakai ring besi pada sandaran dudukan dan bawah jok spt hal-nya pemasangan cover jok original, meskipun sudah di copot bisa dikembalikan spt semula, hanya saja tidak mudah u/ dilakukan sendiri. Cover Jok paten memberikan 
estetika dan kenyamanan yg lebih dibandingkan dengan sarung jok tali2/kancing/retsleting.
Cover jok original berbahan fabric itu tidak dijahit ke busa jok tp dipasang spt layaknya sarung hanya saja bukan pakai tali tapi pakai ring besi disandaran, dudukan dan bawah jok yg sudah tersedia mounting2nya bila ring besi dicopot maka cover jok fabric (std pabrik) dapat dg mudah di copot, begitu pula dg pemangan cover jok buatan Monza dilakukan spt halnya cover jok std pabrik.

Jok Jenis Sarung
Jok ini memiliki pemakaian seperti sarung, jadi jok bawaan standar tidak diubah atau dimodifikasi sedikitpun. Contoh kelebihannya,anda dapat membuka model jok mobil avanza untuk sekedar dibersihkan. Kekurangannya, sulit untuk mendapatkan estetika yg baik karena sarung jok tidak dapat ngepress body jok yg berjalan dg waktu pemakaian akan semakin kendor dan kurang nyaman untuk duduk dalam perjalanan jauh terutama bila kabin mobil panas.

model jok mobil kijang superModel Polos
Model polos ini menjadi standard yang biasanya dipakai dengan model bawaan pabrik tetapi hanya mengganti kulitnya saja. Jadi anda akan merasakan posisi duduk yang sama saat membeli mobil pertama kali tetapi berbeda soal kenyamanannya.





model jok mobil keren
Model Polos Kombinasi Kerut
Model ini mengambil pola struktur jok standard dg diberikan aksen sedikit kerutan untuk mendapatkan kesan elegan looks yang diaplikasikan pada premium cars.





model jok mobil kulit
Model Polos kombinasi Peforated
Model ini merupakan pamakaian kulit baik semi kulit atau kulit asli yang bermotifkan bolong-bolong, jadi terkesan berbeda dengan jok kulit pada umumnya. Pada dasarnya pembersihan model jok mobil kulit ini agak sulit karena 'pori-pori' pada permukaannya. Disarankan menggunakan warna gelap sehingga apabila jok kotor tidak terlalu terlihat nyata. 





model jok mobil klasikpasang jok mobil yang bagus

Model Two Tone/Dual Tone
Model jok ini mengaplikasikan dua 
warna dalam pembuatannya seperti warna hitam dipadukan dengan merah, dsb. Semuanya tergantung kepada selera warna anda. Pada model ini juga dapat diaplikasikan diamond cut (wajik) atau garis2 pada bagian tengah2nya.


Model Two Tone Extended ~ Sporty & Pattern
Model jok two tone dapat dikembangkan lagi u/ mengambil aliran Sporty spt penggunaan bahan carbonize dan juga aliran elegan dengan penggunaan bahan dg pattern tertentu. spt pattern Burberry, Fendi.. etc
model jok mobil kerut

harga pasang jok mobil sofaModel Kerut
Model jok mobil kerut menjadi favorit kebanyakan orang karena model ini menimbulkan nuansa elegan yg simple. Biasanya model kerut ini memakai sedikit jahitan agar tampak lebih nyaman dibandingkan jok yang polos. Jumlah dan besarnya kerutan dapat 'dimainkan' sesuai dengan selera pemilik mobil.






Model Sofa (Garson)
Model ini biasanya menarik kaum modificator elegan style untuk kontes karena modelnya yang kental dengan kesan sofa lazy boy. Biasanya orang menyukai karena desainnya yang khas. Dengan model ini jok anda terlihat lebih gemuk dan berisi karena model sofa/garson diisi dengan bahan dacron.

model jok mobil
Model Diamond (Wajik)
Model diamond ini sangat banyak dan digemari khususnya anak muda, karena model ini dapat terlihat trendy dan dinamis. Model wajik ini berdesain jajaran genjang yang beraturan. Biasanya pola ini diterapkan sebagai variasi pada bagian tengah jok, tetapi anda juga dapat menerapkannya pada keseluruhan modifikasi jok mobil.

Dari sekian model jok mobil diatas masih bisa lagi dikembangkan baik memadu madankan warna, model jahitan maupun penggunaan bahan-bahan yg khusus, tentunya semua kembali kepada imaginasi dan creativitas trimmer.
Nah silahkan tentukan selera anda dan pastikan anda memesan pada penjahit yang menyediakan jaminan kepuasan (atau uang kembali).