5 Bahan Jok Mobil Paling Recomended dan Harganya

5 Bahan Jok Mobil Paling Recomended dan Harganya

jok mobil


Interior mobil merupakan bagian yang sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Terdapat beberapa elemen dari interior mobil yang mempengaruhi kenyamanan sekaligus penampilan sebuah mobil. Salah satu yang paling berpengaruh adalah bagian jok mobil yang digunakan untuk duduk bagi pengemudi dan penumpang. 

Melakukan modifikasi jok menjadi sebuah pilihan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang maupun sekedar untuk membuat mobil terlihat lebih bergaya. Namun ada pula pemilik mobil yang melakukan modifikasi jok mobil dengan tujuan memperoleh keduanya. Modifikasi jok mobil ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Beberapa metode yang cukup umum dilakukan adalah menggunakan modifikasi jok paten dan memakai sarung jok. Untuk mengetahui perbedaan dan kelebihan serta kekurangan masing – masing metode Kita bisa simak ulasan singkat berikut ini.

Perbedaan Jok Mobil Paten dan Sarung Jok Mobil 

Perbedaan utama antara jok mobil paten dengan sarung jok mobil adalah cara pemasangannya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan sebelum membuat keputusan akan melakukan modifikasi jok mobil yang seperti apa.

Modifikasi Jok Paten

Modifikasi atau ganti jok mobil paten dilakukan dengan melepas jok yang lama dan menggantinya dengan pelapis jok yang baru. Modifikasi tipe ini merupakan pilihan yang paling baik untuk memperoleh tampilan dan juga aspek kenyamanan yang maksimal. Hal ini disebabkan dilakukan fitting yang sebenarnya pada jok baru yang dibuat sesuai dengan pola serta kondisi dari jok mobil tersebut.

Kelebihan melakukan modifikasi dengan metode jok paten adalah terlihat rapi, presisi dan tentu saja lebih nyaman ketika digunakan. Terlebih lagi jika prosedur modifikasi ini dilakukan oleh tenaga ahli profesional sehingga pola potongan jok dibuat dengan ketepatan yang tinggi. Konsumen bahkan bisa melakukan perubahan berupa penambahan atau penggantian busa pada jok sebelum lapisan baru dibuat dan dipasang. Faktor pemilihan bahan, kualitas jahitan dan ketepatan pola akan sangat mempengaruhi hasil akhir modifikasi jok paten ini.

Modifikasi Sarung Jok Mobil

Berbeda dengan modifikasi jok paten, maka modifikasi sarung jok ini dilakukan hanya dengan menambahkan cover jok mobil atau pembungkus baru pada jok lama yang sudah terpasang. Tidak ada kebutuhan membongkar total seluruh jok dan melepas lapisan jok yang lama. Kelebihan metode ini adalah lebih murah dan umumnya lebih cepat dilakukan. Cara ini umumnya hanya dilakukan untuk memberi perlindungan agar jok asli tidak cepat rusak atau kotor.

Kelemahan sarung jok mobil ada pada bentuk yang seringkali kurang presisi sehingga ada bagian yang menggelembung atau justru terlalu ketat. Efeknya adalah tampilan yang justru terlihat kurang rapi. Pada kasus sarung yang terlalu besar maka akan mudah bergeser sehingga kurang nyaman saat diduduki.

Aneka Ragam Bahan untuk Modifikasi Jok Mobil 

Ada cukup banyak bahan jok mobil bahan yang kini umum digunakan untuk melakukan modifikasi pelapis tempat duduk. Setiap bahan juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Pemilik mobil yang ingin melakukan modifikasi bisa membuat pilihan yang disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan dan tentu saja anggaran yang sudah disiapkan.

Sebelum membahas aneka ragam bahan jok mobil yang bisa digunakan; Kita akan sedikit membahas tentang bahan yang sangat umum dipakai untuk mengganti jok mobil berupa bahan kulit sintetis. Bahan berupa kulit sintetis ini telah berkembang menjadi kulit sintetis biasa dan mikrofiber. 

Perbedaan Jok Kulit Sintetis dan Jok Kulit Mikrofiber

Apa yang disebut dengan kulit sintetis dan mikrofiber sebenarnya merupakan tiruan dari bahan kulit yang asli. Perbedaannya ada pada faktor kemiripan berupa tampilan fisik dan juga sifat yang dimiliki. Jika dijabarkan dari sisi sifatnya maka bahan mikrofiber ini berada di antara bahan kulit sintetis dan kulit asli. 

Bahan kulit sintetis seperti jok mobil mbtech memiliki bahan yang sebagian besar berasal dari elemen plastik. Sedangkan bahan mikrofiber ini merupakan campuran kulit asli dengan elemen artifisial atau plastik. Bahkan pada bahan mikrofiber yang berkualitas bagus campuran elemen plastik ini bahkan hanya sekitar 20% atau 80% bahan tersebut terbuat dari kulit asli. 

Secara tampilan bahan sintetis umumnya terlihat mengkilat sedangkan bahan mikrofiber terlihat lebih doff seperti kulit asli. Salah satu kelebihan utama bahan ini adalah harga jok mobil dari bahan sintetis akan lebih murah jika dibandingkan dengan kulit asli.

Bahan Kulit Sintetis

Bahan untuk melakukan modifikasi jok mobil ini memiliki beberapa jenis atau tingkatan kualitas seperti bahan mbtech dan Lederlux. Kelebihan utama jok kulit sintetis yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride atau PVC dan Polyurethane  atau PU ini adalah lebih murah jika dibandingkan dengan kulit asli dan memiliki sifat tahan air. Artinya ketika jok terkena air maka bahan pelapis ini tidak rusak atau bereaksi serta mudah dibersihkan jika terkena kotoran karena memiliki pori – pori yang sangat kecil. Terdapat dua jenis bahan kulit sintetis yang umum digunakan untuk mengganti atau memodifikasi jok mobil.

Bahan Kulit Sintetis MBTech

Bahan ini sudah sangat populer dan juga sangat umum digunakan di Indonesia. Salah satu varian terbaik dari jok mbtech adalah Mbtech New Superior yang memiliki tampilan mewah dan elegan serta daya tahan yang sangat baik. Anda yang ingin melakukan modifikasi atau penggantian dengan memakai bahan ini bisa menyiapkan anggaran antara 1,5 hingga 2 juta Rupiah untuk satu unit mobil.

Bahan Kulit Sintetis Lederlux

Pilihan selain sarung jok mobil mbtech yang bisa digunakan untuk kulit sintetis adalah Lederlux. Anda harus menyiapkan dana sekitar 2 juta Rupiah untuk mengganti jok satu unit mobil. Bahan ini belum sepopuler MBTech tetapi memiliki kualitas yang bersaing karena memiliki fitur tahan sinar UV, Fire Retardant serta tahan terhadap serangan bakteri dan jamur.

Bahan Kulit Mikrofiber

Bahan jok mobil dari kulit microfiber merupakan alternatif lain yang tidak kalah menarik. Tampilan yang sangat mirip dengan kulit asli merupakan kelebihan utama bahan ini. Sedangkan sifatnya serupa dengan bahan kulit sintetis biasa. Artinya ada sebuah alternatif bahan jok mobil yang terlihat seelegan bahan kulit asli tetapi tidak berbau, tahan air, mudah dibersihkan serta bersifat antibakteri. Penggantian jok satu unit mobil dengan bahan ini di jok mobil Jakarta membutuhkan dana sekitar 4 hingga 6 juta Rupiah.

Vision Gallardo

Salah satu bahan kulit mikrofiber yang bisa digunakan adalah Vision Gallardo. Bahan mikrofiber ini termasuk kelas premium bahan kulit mikrofiber. Pori – pori kecil yang dimiliki bahan ini membuat jok tetap tahan air, tetapi memiliki sifat sejuk dan dingin ketika diduduki. Secara tampilan sangat mirip dengan kulit yang asli, namun tidak memiliki varian warna yang banyak. Untuk mengganti jok mobil 3 baris Anda harus menyiapkan dana sekitar 4 juta Rupiah.

Vision Bugatti

Bahan kulit mikrofiber ini memiliki grade yang lebih tinggi dan terlihat jelas dari serat Nappa halus yang dipadukan dengan serat kulit berkelas. Hasilnya adalah tampilan mewah berkelas dengan daya tahan yang bisa diandalkan. Terdapat varian Aero yang bertipe perforasi untuk meningkatkan kenyamanan bahan ini ketika digunakan. Anda harus meyiapkan dana sekitar 5 juta Rupiah untuk mengganti jok satu unit mobil dengan bahan Vision Bugatti ini. 

Vision Levante

Bahan mikrofiber Vision Levante memiliki tampilan berupa tekstur kerut yang serupa dengan kulit sapi asli. Tampilan ini membuat bahan kulit mikrofiber ini terlihat benar – benar serupa dengan kulit asli. Terdapat dua pilihan tekstur berupa tekstur halus dan natural yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Anda yang ingin mengganti jok satu unit mobil dengan bahan kulit mikrofiber Levante ini bisa menyiapkan dana sekitar 4 juta Rupiah. 

Itulah 5 pilihan bahan dan informasi harga sarung jok mobil dari bahan kulit sintetis yang paling recommended beserta informasi harganya sebagai gambaran bagi Anda yang ingin melakukan modifikasi atau memenuhi kebutuhan mengganti jok mobil yang baru.