Pilih Jok mobil Terbaik: Kulit Asli atau Imitasi?

Pilih Jok mobil Terbaik: Kulit Asli atau Imitasi?
Memilih bahan jok mobil adalah hal yang penting dilakukan ketika anda sedang dalam tahap mendesain interior mobil anda. Pemilihan jok mobil yang tepat akan memberikan kesan kemewahan pada interior mobil anda. Selain itu, anda akan mendapatkan kenyamanan ketika anda berkendara apabila anda dapat memilih jok mobil yang dapat memberikan rasa nyaman selama diduduki. Terdapat dua pilihan dalam memilih bahan dasar pembuat jok mobil yaitu bahan kulit asli maupun bahan kulit imitasi.
 Bahan kulit imitasi
Bahan kulit imitasi memiliki kelebihan yaitu harganya yang lebih murah dibandingkan dengan bahan kulit asli. Selain itu perawatan bahan kulit imitasi lebih mudah karena sifatnya yang mudah untuk dibersihkan serta tidak mudah terkena noda membandel. Anda juga lebih memiliki kebebasan untuk berkreasi dengan jok mobil berbahan kulit imitasi memakai berbagai pilihan warna yang ditawarkan.
Walaupun begitu, bahan kulit imitasi memiliki karakteristik bahan yang keras dan panas terutama jika terekspos oleh sinar matahari. Tekstur dari bahan ini juga tidak lentur sehingga akan melar setelah dipakai selama dua sampai tiga tahun. Untuk kenyamanan, bahan kulit imitasi memiliki tingkat kenyamanan yang jauh dibawah bahan kulit asli. Jok dengan bahan kulit imitasi juga sukar untuk dibuat model-model yang bervariasi, hal ini mengingat karakter bahan kulit imitasi yang akan menghasilkan hasil yang kurang memuaskan ketika dibentuk jok dengan model lipat maupun kerutan.
 Jok dengan bahan sintetis juga memiliki bau yang menyengat hasil dari zat kimia bahan dasar dari kulit imitasi. Kulit imitasi juga umumnya tidak tahan lama.
Bahan kulit asli
Bahan kulit asli cenderung memiliki harga yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan bahan kulit imitasi. Walaupun begitu, sesuai dengan harganya, bahan kulit asli menawarkan kualitas yang lebih unggul dibandingkan dengan bahan kulit imitasi.
Bahan kulit asli memberikan kenyamanan yang lebih kepada penggunanya karena tekstur yang lembut dan kenyal serta gampang diremas. Bahannya juga terasa dingin ketika anda mendudukinya. Bahan kulit asli juga lebih anti gores dan tahan api sehingga lebih awet apabila dibandingkan dengan bahan kulit imitasi.
Penampilannya yang selalu terlihat basah dan lembap walaupun tidak basah serta warnanya yang tidak akan pudar akan memberikan kesan menawan yang awet pada interior mobil anda. Bau wangi khas kulit asli yang tentunya akan ditemukan pada tiap produksi jok mobil berbahan kulit asli juga akan menambah kesan mewah pada interior mobil anda.
Perawatan
Perawatan jok mobil kulit secara umum tidaklah sukar. Anda dapat menggunakan pembersih vakum untuk membersihkan kotoran-kotoran kecil yang terdapat di sela-sela jok anda. Untuk noda membandel anda dapat menggunakan pembersih khusus kulit yang dapat menjaga kualitas kulit agar tahan lama.