2/07/2014

Tips Menjaga Keawetan Jok mobil

Tips Merawat Jok Mobil

Tips Menjaga Keawetan Jok mobil



Pengguna kendaraan mobil tentunya tahu betapa pentingnya menjaga keawetan interior mobil termasuk jok mobil. Untuk orang yang sering menggunakan mobil untuk bepergian baik ke tempat kerja maupun ke tempat yang lain, mobil haruslah menjadi tempat yang nyaman selain tugas utamanya sebagai alat transportasi.  Menjaga kenyamanan dan keawetan dari jok mobil tidaklah sukar. Berikut adalah tips bagaimana cara merawat jok mobil agar selalu awet berdasarkan jenis bahan pembuatnya.

Tips Merawat dan Membersihkan Jok Mobil Dari Noda

1.     Tips membersihkan jok mobil beludru

Tips membersihkan sarung jok mobil dan merawat jok mobil yang berbahan beludru harus sangat hati-hati. Hal pertama yang dilakukan ketika membersihkan jok beludru adalah dengan menyedot kotoran-kotoran kecil yang berada di sela-sela jok dan juga permukaannya menggunakan penyedot vakum. Kemudian, semprotkan cairan pembersih yang berbentuk busa ke permukaan jok yang akan dibersihkan. Sikat bagian tersebut satu arah hingga noda bersih. Setelah disikat, usap bagian permukaan tersebut dengan lap bersih. Jemur hingga kering, direkomendasikan untuk melepas jok tersebut dan menjemurnya di bawah terik matahari.

2.     Jok semi kulit (synthetic leather)

Membersihkan noda pada jok semi kulit dapat dengan memakai pembersih bahan semi kulit yang banyak tersedia di pasaran. Selain itu, dapat pula menggunakan pembersih kaca maupun shampoo. Jangan gunakan sabun colek, sabun cuci atau pun alkohol untuk membersihkan jok dengan bahan ini. Hal ini karena bahan-bahan yang ada dalam cairan pembersih tersebut dapat merusak bahan semi kulit dari jok. Khusus untuk jok semi kulit yang terkena noda tinta, dianjurkan untuk diusap dengan air hangat segera sebelum tinta tersebut mengering di jok. Noda tinta yang mengering di jok mobilakan susah dibersihkan. Untuk menghindari adanya keretakan pada jok mobil dengan bahan ini, anda dianjurkan untuk memarkir kendaraan anda di tempat yang tidak terkena terik matahari. Sedikitnya setiap dua minggu sekali, anda juga perlu mengusap jok ini dengan air hangat maupun cairan perawatan.

3.     Jok kulit asli

Pada awal pembersihan, gunakan penyedot vakum untuk membersihkan bagian-bagian yang tersembunyi dan sukar dijangkau tangan, seperti sela-selajok mobil. Usap jok mobil beberapa kali dengan memakai plas chamois yang telah diperas. Obat pembersih diberikan di setiap bagian secara bergantian. Hal ini untuk mencegah obat tersebut mengering sebelum satu bagian selesai dikerjakan. Sikat secara perlahan dengan searah pada bagian yang telah diberikan obat, sikat hingga jok bersih. Apabila telah selesai menyikat, bersihkan obat tersebut sebelum obat mengering. Lakukan pembersihan minimal setiap dua bulan sekali. Gunakan pula leather conditioner tiap 3-4 bulan sekali agar kelembapan kulit jok terjaga. Ketahui lebih banyak lagi tentang Sarung jok kulit Mbtech sebagai rekomendasi terbaik dari kami.
Jok kulit asli memiliki bahan yang lebih bagus dibandingkan kulit imitasi. Kulit asli memiliki tekstur yang sangat lembut sedangkan kulit imitasi tidak. Bahan kulit asli juga terasa dingin dibandingkan dengan kulit imitasi yang terasa panas dan keras. Memakai jok kulit asli tentunya lebih nyaman dibandingkan dengan memakai jok kulit imitasi. Jadi pastikan Anda sudah mengetahui tips memilih jok kulit mobil terlebih dahulu sebelum membelinya.

1 komentar:

  1. Merawat jok mobil ma sering-sering dibersihkan aja, jangan dibiarin terlalu kotor dan berdebu.

    BalasHapus