Pertimbangan dan Cara Ganti Jok Mobil Supaya Terlihat Keren

Banyak orang yang merasa tidak cocok dengan interior mobil, sehingga memilih untuk menggantinya salah satunya pada tampilan jok. Mengganti jok mobil sebenarnya bukan hal yang wajib untuk Anda, saat ini mobil sudah mempunyai kualitas terbaik pada bagian interior. Tetapi kadang ada waktunya untuk mengganti jok mobil dengan didasari bermacam alasan. Cara ganti jok mobil sebenarnya cukup mudah. Berikut ini cara mengganti jok mobil agar terlihat keren.

freepik.com

Cara Ganti Jok Mobil Agar Terlihat Keren

Sebenarnya mengganti jok tidak harus dilakukan untuk setiap orang tapi ada waktunya untuk mengganti. Sebelum mengganti dengan yang baru tips berikut untuk penggantian jok mobil.

Memilih Bahan

Cara ganti jok mobil pertama yang harus diperhatikan adalah memilih bahan yang mempunyai kualitas sesuai dengan keinginan. Umumnya bahan yang digunakan kulit asli dan kulit sintetis atau semi kulit. Walaupun bahan dasar kulit mempunyai harga yang lebih mahal tetapi Anda akan memperoleh kualitas yang lebih baik jika dibandingkan kulit sintetis.

Selain itu kulit asli ada banyak kelebihan seperti kelembutan, kenyamanan, bahkan tampilanya terlihat lebih mewah. Tetapi jika dana tidak mencukupi Tidak ada salahnya jika memilih kulit sintetis.

Mengecek Kenyamanan dan Kebersihan Jok Mobil

Saat membersihkan dashboard dan jok mobil pastinya berbeda. Cara pertama untuk mengganti jok mobil adalah mengecek Kebersihan jok terlebih dahulu. Ada jenis cover jok mobil yang mudah kotor, sebaiknya Anda memilih cover yang berjenis semi kulit agar mudah untuk dibersihkan.

Selain itu melihat kualitas ketahanan yang bisa diperoleh. Caranya dengan menduduki jok lalu mengecek Apakah terasa nyaman atau tidak. Hal yang harus diperhatikan lainnya sentuhan langsung ke kulit. Banyak jenis yang terasa tidak nyaman jika sudah menempel ke kulit. Dengan mengecek kenyamanan dan kebersihan maka Anda bisa memperoleh jok yang sesuai untuk dipakai.

Tambah Busa Jika Dibutuhkan

Cara ganti jok mobil selanjutnya, kenyamanan merupakan bagian  sangat penting saat berbicara tentang jok mobil. Terdapat jok dengan busa yang tipis sedang ataupun tebal. Pastinya bukan berarti yang tipis tidak nyaman dan yang tebal lebih bagus, hal ini tergantung dengan preferensi diri masing-masing.

Anda tidak perlu ragu untuk memodifikasi jok mobil jika dalam kondisi bagus tetapi membutuhkan tambahan busa. Biaya menambahkan busa tidak terlalu mahal bahkan bisa membuat jok Anda lebih nyaman.

Memilih yang Bergaransi

Banyak jenis jok mobil yang ada saat ini. Tetapi jika Anda ingin mengganti dengan yang baru sebaiknya memilih merk yang jelas dan terpercaya. Selain mempunyai reputasi yang baik pastikan Anda memperoleh garansi dalam jangka waktu lama.

Pemakaian sehari-hari dalam suhu dingin terkena panas dan yang lainnya pasti kualitas jok akan menurun. Hal ini bisa merusak jok mobil. Jika memperoleh masalah tersebut, pasti Anda tidak ingin mengeluarkan uang yang berlebih supaya jok diperbaiki. Maka dari itu manfaat dari garansi yang Anda punya agar bisa memperbaiki tanpa mengeluarkan biaya. Jadi Anda bisa berhemat dalam urusan jok pada beberapa tahun kedepan.

Pertimbangan Sebelum Mengganti Jok

Setelah mengetahui cara ganti jok mobil, memilih model jok gampang-gampang susah. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal untuk memperoleh modal yang sesuai dengan kendaraan.

Ukuran

Sebaiknya memilih cover dengan ukuran yang pas dengan besar jok. Ukuran harus sesuai agar cover bisa menutupi jok dengan baik serta Anda bisa duduk dengan nyaman saat berkendara. Jadi ada baiknya untuk mengukur dimensi jok terlebih dahulu sebelum memodifikasi atau mengganti. Akan lebih mudah jika Anda membawanya ke bengkel.

Warna

Sebaiknya Anda memilih warna yang sesuai dengan desain interior serta body mobil supaya tampilan tetap serasi. Tetapi jika ingin warna yang berbeda sebaiknya memperhatikan faktor eye catching. Saat ini warna yang digemari adalah warna dasar seperti hitam dan coklat.

Kualitas

Jok mobil yang bagus mempunyai kualitas yang sangat bagus. Sebaiknya Anda memperhatikan kualitas jahitan serta material elastis yang digunakan jok. Jok yang digunakan jangan terlalu tipis supaya tidak mudah robek.

Material

Ketebalan dan jenis material sangat mempengaruhi. Pastikan material yang Anda gunakan bisa bertahan lama jadi Anda tidak perlu menggantinya terlalu sering. Pertimbangkan faktor lain seperti ketahanan air, material yang tahan air membuat jok mudah untuk dibersihkan.

Harga

Sebaiknya untuk ganti jok mobil harus sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang lebih dari kemampuan Anda hanya karena memodifikasi mobil. Sebelum mengikuti langkah cara ganti jok mobil sebaiknya Anda menetapkan dana yang dibutuhkan terlebih dahulu. Cari model jok yang Anda suka serta hitung perkiraan harga. Ada baiknya jika Anda mencari referensi harga dari berbagai tempat terlebih dahulu, dengan demikian Anda bisa memperoleh desain yang terbaik dengan harga terjangkau.

Fungsi Modifikasi Jok Mobil

Jok mobil juga bisa dimodifikasi walaupun jok bawaan pabrik sebenarnya sudah cukup baik. Tetapi memodifikasi jok terkadang menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan fungsi serta alasan tertentu. Banyak orang yang tidak mengetahui fungsi modifikasi jok mobil. Setelah mengetahui cara ganti jok mobil Tidak ada salahnya Anda mengetahui fungsi memodifikasi. Karena fungsi modifikasi tidak hanya untuk mempercantik tampilan saja. Berikut ini fungsi modifikasi:

Melindungi Jok Mobil

Jok bawaan yang tidak ditutup dengan cover, lebih rentan rusak daripada yang dilapisi. Kerusakan disebabkan karena perubahan cuaca yang tidak menentu suhu panas bahkan rokok. Fungsi dari cover untuk melindungi jok supaya semakin awet.

Untuk perlindungan yang terbaik sebaiknya memilih material pelindung jok mobil yang tahan lama dan kuat seperti kulit. Bahan tersebut mempunyai sifat yang kuat dan bisa melindungi jok dari goresan serta kerusakan sebab sering digunakan. Harganya memang lebih mahal daripada jok kain serta sintetis, tetapi Anda bisa menghemat biaya perawatan pada kemudian hari.

Menjaga Nilai Jual Mobil

Nilai jual mobil akan turun dibanding saat pembelian. Tetapi jika perawatan yang dilakukan sangat baik nilai jual mobil akan terjaga. Jok standar sebenarnya cukup baik untuk menjaga nilai jual kendaraan. Tetapi dengan melakukan modifikasi nilai jual akan lebih baik.

Meningkatkan Nilai Estetika Mobil

Kolektor dan pecinta otomotif pasti setuju tentang performa dan ketahanan sangatlah penting. Tampilan mobil yang lebih modern pastinya membuat nilai mobil lebih mahal daripada dengan yang terlihat biasa saja.

Tidak hanya sebagai pelindung jok mobil mempunyai fungsi sebagai hiasan. Desain jok yang dipilih dengan cermat bisa meningkatkan penampilan interior mobil agar lebih eye catching dan keren. Sekarang banyak model jok mobil yang cantik dan terjangkau.

Saat ingin ganti jok mobil pastikan Anda memahami cara ganti jok mobil tersebut. Banyak pertimbangan sebelum mengganti jok mobil, jadi pastikan Anda sudah mempertimbangkan hal tersebut.