Inilah Ciri Jok Mobil Kulit Asli dan Palsu

Jok mobil merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kendaraan. Memberikan rasa nyaman dan aman saat berkendara kemana saja. Namun, Anda wajib memperhatikan ciri jok mobil asli dan palsu.

Banyak orang yang memilih lapisan jok berkualitas tinggi. Hal ini bertujuan agar jok terlihat lebih menarik. Dengan begitu interior mobil juga menjadi lebih baik dan enak dipandang.

Tidak sedikit pemilik mobil yang tertipu dengan jok mobil lantaran bukan aslinya. Dalam hal ini kulit jok harus diperhatikan dengan seksama agar hasilnya lebih maksimal dan mendapatkan produk original. Lalu, bagaimana jok yang asli itu? Simak artikel berikut ini.

pexeels.com

Ciri Jok Mobil Asli dan Palsu

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat jok mobil asli dan palsu. Hal tersebut bisa dilihat dari bahan, logo, dan kualitasnya. Sebelum membeli jok mobil sebaiknya selalu berhati-hati dan selektif dalam pemilihannya.

Jangan sampai Anda mencari toko abal-abal tanpa mengetahui identitas resminya. Pasalnya mampu memberikan produk unggulan sesuai dengan merek kendaraan dan original. Sehingga tidak membuat Anda merasa dirugikan sama sekali.

Mempercantik kendaraan adalah salah satu cara yang bisa mengganti pembungkus jok mobil dengan bahan kulit. Akan tetapi harus berhati-hati ketika Anda membeli agar tidak tertipu dengan kulit sintetis. Proses membedakan kulit asli dan palsu tidaklah sulit.

Berikut adalah Ciri Jok Mobil Kulit Asli dan Sintetis

Wangi kulit asli dan asli pasti berbeda. Kulit asli memiliki aroma yang wangi seperti layaknya bau amis kulit. Sedangkan wangi kulit sintetis aromanya cenderung lebih berbau karet.

Kemudian tekstur dari kulit asli terasa lebih kasar ketika Anda merabanya. Pada dasarnya kulit sintetis akan terasa lebih lembut ketika diraba menggunakan tangan.

Lain halnya dengan daya tahan kulit yang jauh berbeda. Daya tahan kulit asli tidak mudah pecah atau mengelupas. Berbeda dengan kulit sintetis yang permukaannya mudah pecah dan mengelupas.

Sedangkan dari sisi kenyamanannya jok kulit asli lebih mudah menyerap keringat. Kulit sintetis tidak menyerap keringat sehingga mengganggu kenyamanan berkendara. Hal tersebut tidak akan membuat proses berkendara terasa membosankan.

Jok Semi Kulit (Synthetic Leather)

Pada dasarnya ciri jok mobil kulit sintetik memiliki harga yang sangat murah. Beberapa kalangan pastinya mampu untuk membeli produk tersebut. Dalam hal ini, toko menyediakan variasi jok kulit biasanya rata-rata orang menjualnya antara harga 1 juta hingga 2 jutaan.

Berbeda dengan mobil jenis SUV mungkin harga joknya bisa antara 2 hingga 3.5 juta. Kemudian pada setiap wilayahnya memiliki range harga yang berbeda. Hal tersebut juga tergantung dengan merek dari jok mobil.

Proses perawatan dari jok kulit sintetis jauh lebih mudah dibandingkan dengan kulit asli. Kulit semi sintetis tidak mudah kotor dan tidak akan menyerap air. Sehingga tidak akan merusak lapisan tekstur semi kulit sintetis.

Ciri jok mobil kulit sintetis memiliki banyak varian warna menarik. Bahkan pilihan tekstur dari jok tersebut juga sangat banyak. Anda yang merupakan pecinta modifikasi mobil bisa menjadikan jok tersebut sebagai pilihan terbaik.

Kekurangan Jok Sintetis

Namun, dari segi pemakaian jok kulit semi sintetis tidak bisa bertahan lama. Biasanya hanya sekitar 2 hingga 3 tahun saja. Jok mobil ini tidak memiliki aroma khas kulit.

Aroma tersebut sangat khas dengan interior pada mobil premium utamanya Mercedes Benz dan BMW. Bahan jok tersebut cenderung lebih panas apabila diduduki. Dalam hal ini Anda harus meluangkan waktu istirahat beberapa saat.

Bahan sintetis untuk jok mobil cenderung lebih melar. Artinya pemakaian secara terus menerus dengan penuh tekanan bisa menurunkan kualitas daripada jok mobil. Terlihat dari kondisi fisiknya terlihat lebih kendur atau tidak lagi seperti semula.

Anda yang ingin memodifikasi mobil sebaiknya tidak memilih jok kulit berbahan sintetis. Sebaiknya menggunakan jenis kulit asli agar mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Pasalnya bahan jok kulit sintetis jauh lebih sulit untuk dibentuk.

Jok kulit Asli

Memasuki pada ciri jok mobil kulit asli yang jauh lebih berkualitas daripada jenis jok lainnya. Jok ini merupakan salah satu material yang berbahan dasar 100% kulit asli. Biasanya para pengrajin jok menggunakan bahan kulit hewan sapi.

Proses pembuatannya menggunakan berbagai macam proses dan pewarnaan. Mampu menghasilkan warna yang menarik dengan sistem pewarnaan cat bercampur dengan cairan zat khusus untuk bahan jok mobil. Warna kulit ini tidak akan pudar jika dalam penggunaan sewajarnya.

Biasanya jok mobil jenis ini hanya terlihat sedikit noda atau kualitasnya semakin menipis karena adanya gesekan dengan celana. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi selagi masih dalam penggunaan wajar dan singkat. Bahan kulit asli tidak akan terasa panas ketika Anda duduk dan bersentuhan dengan bagian tubuh.

Justru Anda merasakan dingin dan sejuk. Interior mobil pun juga lebih menarik dan terkesan mewah. Sehingga perjalanan terasa lebih nyaman dengan berbagai fasilitas canggih di dalamnya.

Ciri jok mobil berbahan kulit asli anti gores dan lebih awet. Tentunya mampu bertahan hingga lebih dari 5 tahun. Sehingga Anda tidak perlu membeli jok mobil berulang kali yang memakan banyak biaya.

Kekurangan Jok Mobil Kulit Asli

Kemudian ada beberapa kekurangan dari jok mobil berbahan kulit asli. Selain tahan lama jok ini mudah kotor karena memiliki tekstur kulit asli yang berpori. Dari segi perawatan jok ini jauh lebih ekstra karena harus tetap menjaga kualitas dari ok tersebut.

Mengingat bahwa harga dari jok kulit ini sangat mahal. Untuk jenis mobil MPV mematok harga mulai dari 7 hingga 8 jutaan. Sedangkan jenis sedan mulai dari 5 hingga 7 jutaan.

Biasanya kulit asli untuk jok ini merupakan impor dari luar negeri. Pasalnya mutu dari bahan tersebut sangat terjamin dan lebih mumpuni. Berbeda dengan produk dalam negeri yang masih belum bisa memperoleh hasil maksimal.

Tips Memilih Jok Mobil Berkualitas

Sebelum Anda membeli jok ada baiknya memperhatikan ciri jok mobil. Agar lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Memperhatikan Bahan Jok Mobil

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bahan dari jok mobil. Pilihlah bahan berkualitas yang sesuai dengan budget Anda. Jangan sampai Anda membeli jok seadanya yang membuat kualitas mobil kurang maksimal.

Model Jok Mobil

Langkah berikutnya Anda harus memperhatikan model dari jok mobil. Pastikan modelnya sesuai dengan jenis mobil Anda. Sehingga tidak terjadi ketimpangan antara jenis dan model dari jok mobil.

Pilihan Warna Jok Mobil

Sesuaikan pilihan warna jok mobil dengan interior Anda. Hal ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk memodifikasi interior kendaraan. Dengan begitu bisa memperoleh desain interior yang berkelas layaknya mobil masa kini.

Dengan memperhatikan ciri jok mobil memberikan Anda kesempatan untuk membeli produk unggulan dan berkualitas. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Anda yang ingin memperoleh jok mobil terbaik.