Model Jok Mobil Mewah Ini Lebih Elegan dan Bisa Menjadi Pilihan Terbaik

Model jok mobil mewah memang mampu membuat tampilan interior kendaraan roda empat ini semakin modern dan elegan. Tak jarang pula pengguna sering mengeluarkan biaya banyak hanya demi memiliki model jok yang mereka inginkan.

Pasalnya jok mobil sendiri adalah salah satu aksesoris mobil yang telah menjadi bagian utama proses modifikasi. Hal ini tidak hanya bisa mengubah tampilan interiornya saja, melainkan juga mampu untuk menambah tingkat kenyamanan selama berkendara.

Selain itu desain interior mobil juga dapat terlihat menarik apabila menggunakan tampilan jok yang cukup berkarakter. Namun sebelum membahas lebih lanjut lagi, Anda harus tahu bahwa ada dua jenis jok mobil kain sarung jok dan jok paten.

 Foto: thegentlemansjournal.com

Model Jok Mobil Mewah dan Jenis-jenis Sarungnya yang Elegan dan Mewah

Walaupun model jok sebenarnya sudah ditentukan oleh pabrik pembuatnya, namun ada saja sebagian orang yang merasa kurang menarik. Hal ini karena selera setiap orang tentu akan berbeda dan akan bergantung pada tingkat kenyamanannya sendiri.

Selain itu menentukan model jok juga bukan perkara yang mudah, dan hal ini juga tergantung dari selera tersendiri serta kenyamanannya. Kini sudah ada banyak model jok yang ada di pasaran, jika dulu hanya dari kulit, kini sudah ada jok terbuat dari bahan lain.

Misalnya saja seperti bahan dari sintetik atau semi kulit, bahan sofa, kain, dan masih banyak lagi bahan material lainnya. Nah, kembali lagi ke pembahasan awal, bahwa jok mobil terdapat dua jenis yakni jok paten serta sarung jok.

Model jok mobil mewah seperti jok paten adalah cover yang sering digunakan untuk mengganti cover standar dari mobil itu sendiri. Biasanya akan diganti dengan menggunakan bahan genuine leather atau sintetis.

Sedangkan sarung jok adalah cover yang sifatnya tidak permanen sebab hanya disarungkan saja ke kursi atau jok menggunakan pengait. Meski demikian tampaknya jenis jok paten-lah yang justru lebih bagus daripada sarung jok.

Bahkan saat ini sudah ada banyak jenis model hingga warna jok mobil yang telah hadir di sejumlah pasaran dengan harga terjangkau. Namun tidak hanya menggunakan model polos saja, melainkan ada beberapa ide lain yang tentunya lebih indah.

Jok Polos dengan Kombinasi Perforated

Model jok mobil mewah yang pertama adalah jok polos dengan kombinasi perforated yang merupakan semu kulit atau sintetik. Dalam beberapa kasus Anda juga dapat menggunakan kulit asli yang mempunyai motif berlubang-lubang.

Tujuannya adalah untuk membedakan antara model mobil jok polos yang berbahan kulit seperti pada umumnya. Namun sebaiknya gunakan bahan kulit berlubang dengan warna cenderung gelap supaya tidak terlihat ketika kotor.

Selanjutnya model wajik. Model yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan interior mobil yang lebih keren. Selain hanya terlihat sangat trendy, model ini juga terlihat lebih sederhana namun rapi dan elegan.

Jok Semi Paten

Model jok mobil mewah modifikasi semi paten ini merupakan salah satu cara untuk menghasilkan jok dengan kreasi sendiri. Sehingga Anda tidak harus repot-repot lagi untuk membongkar semua jok karena akan memakan waktu saja.

Biasanya dalam memodifikasi jok semi paten ini, lapisan jok yang lama tidak akan dilepas, tetapi akan dilapisi menggunakan sarung jok. Nah supaya terlihat lebih fit untuk bentuk jok pabrikan, maka jok semi paten akan dijahit pada bagian tertentu.

Meski demikian tampaknya kualitas yang akan Anda peroleh juga tidak sebaik seperti memodifikasi jok paten. Hal ini karena penguatan bahan pelapis pada jok tidak dapat dilakukan secara sempurna.

Modifikasi Jok Paten

Model jok mobil mewah dengan memodifikasi jok paten adalah pilihan yang tepat. Namun untuk memodifikasi jok mobil, biasanya akan membutuhkan proses pengerjaan yang cukup rumit.

Hal ini karena modifikasi akan melalui beberapa tahapan, seperti pelepasan lapisan jok lama kemudian menggantinya dengan bahan pelapis baru. Kemudian akan dilakukan pengukuran bentuk serta busa supaya dapat sesuai dengan pola jok bawaan pabrik.

Walaupun cenderung lebih sulit dan rumit, nyatanya metode yang satu ini mampu untuk menghadirkan tampilan jok yang lebih rapi. Tidak hanya itu saja, namun dengan merombak secara keseluruhan jok mobil Anda juga dapat memamerkan kualitas jahitan, model dan polanya.

Model Kerut

Model jok mobil mewah selanjutnya ini merupakan salah satu favorit bagi sebagian besar orang, mungkin termasuk Anda. Bagaimana tidak, sebab model yang satu ini dapat menciptakan suasana yang lebih modern dan elegan.

Karena menggunakan sedikit jahitan, maka jok kerut seperti ini mampu untuk memberi tingkat kenyamanan lebih daripada jok polos. Selain itu Anda juga dapat memiliki berbagai macam ukuran serta jumlah kerutan tersebut sesuai selera Anda.

Biasanya model kerut seperti ini sering digunakan untuk jenis-jenis mobil mewah dengan desain interior dominan beige. Hal ini karena mampu untuk memberi kesan lebih simpel, rapi, dan tentunya terlihat lebih bersih.

Dual Tone

Model jok mobil mewah yang satu ini akan memanfaatkan perpaduan dua warna yang berbeda. Misalnya saja seperti warna hitam dan merah atau mungkin seperti warna hitam dan coklat.

Sehingga pilihan warnanya itu tergantung selera masing-masing penggunanya Sedangkan pada bagian tengah jok mobil Anda bisa melihat garus-garis berkat oengaplikasian wajik.

Model Garson

Ini bisa dibilang seperti jok mobil sofa yang ternyata sudah diburu oleh para pecinta kendaraan. Selain hanya bisa mempertegas aksen elegan, jok mobil ini juga sering digunakan untuk memenangkan sebuah kontes mobil.

Bagaimana tidak, hal ini karena jok mobil tersebut terlibat seperti sofa. Selain itu model yang satu ini lebih berisi daripada jok mobil lain, sebab pada bagian depannya terdapat isian dari bahan dacron.

Model Lis

Model jok mobil mewah yang satu ini akan menggunakan beberapa variasi kombinasi antara warna terang dan warna gelap. Misalnya seperti warna hijau dan hitam, warna merah dan biru, serta warna-warna yang lainnya

Selain itu kombinasi warna ini juga akan memberi aksen yang tak begitu ramai. Dengan demikian masih bisa terlihat lebih elegan, sportif, dan tentunya tidak norak.

Cara Merawat Jok Mobil

Meskipun model jok mobil bukan merupakan bagian yang paling utama, namun jok masuk ke dalam komponen mobil untuk mendapat perhatian. Artinya keberadaan jok harus senantiasa dijaga kebersihannya dengan cara melakukan perawatan.

Salah satu caranya adalah dengan membersihkan jok tersebut dari debu maupun kotoran lain yang menempel. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan beberapa alat pembersih agar kuman dan noda lain hilang dan jok terlihat lebih bersih.

Selain hanya tahu model jok mobil mewah, maka sangat penting bagi Anda untuk selalu merawat keberadaannya agar tetap awet dan nyaman. Selain hanya bisa membuat rasa nyaman, jok mobil juga bisa memperindah ruangan interior mobil Anda.