Modifikasi Jok Kulit Mobil Sport Custom Pada Toyota Avanza

Modifikasi Jok Kulit Mobil Sport Custom Pada Toyota Avanza


Modifikasi otomotif seringkali dijadikan sebagai salah satu hobi bagi sebagian orang, bagi anda yang ingin modifikasi kendaraan anda tentunya diperlukan pemilihan produk yang berkualitas. Kali ini kita akan membahas mengenai modifikasi jok kulit mobil sport custom Toyota avanza.

Dalam modifikasi mobil Toyota avanza ada banyak bagian yang dapat anda modifikasi, mulai dari modifikasi desain interior, modifikasi mesin atau onderdil mobil, hingga modifikasi desain interior pada mobil. Salah satu yang dapat anda modifikasi untuk mempercantik desain interior mobil, dengan cara memodifikasi jok mobil anda.

Pemilihan modifikasi jok mobil merupakan salah satu cara untuk memperindah bagian interior mobil dengan harga yang cukup terjangkau. Selain memperindah interior mobil anda, dengan melakukan modifikasi jok mobil anda juga akan mendapatkan kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan jok mobil bawaan pabrik.

Sedangkan ketika anda modifikasi bagian eksterior mobil anda, dapat membuat penampilan mobil terlihat berbeda dari mobil lainnya yang setipe dengan mobil anda. Tentunya modifikasi bagian eksterior dapat menambah pesona tersendiri karena dengan desain yang berbeda membuat mobil anda lebih mencolok daripada mobil lainnya.


Sebenarnya modifikasi bagian interior mobil tidak hanya mengubah atau mengganti jok mobil saja. ada banyak elemen pada bagian interior mobil yang dapat anda modifikasi agar terlihat lebih menarik. 

Pada umumnya teknik modifikasi jok mobil dapat dilakukan dengan tiga cara yakni, dengan hanya memasang cover jok atau sarung jok saja, dapat juga dengan membuat lapisan jok mobil baru secara permanen, atau dapat juga dengan mengganti jok mobil anda dengan jok mobil lain sesuai dengan selera dan keinginan anda.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai apa yang harus anda lakukan sebelum modifikasi jok kulit mobil sport custom pada Toyota avanza dengan cara mengganti jok mobil. Berikut ini hal hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih jok mobil sport:


  1. Pilih model jok sesuai dengan keinginan

Jok mobil sport mempunyai beberapa model yakni semi bucket dan full bucket seat. Dari kedua model tersebut tentu mempunyai keunggulan masing-masing. Pada jok mobil sport dengan model full bucket seat, mempunyai bentuk yang seolah-olah jok tersebut seperti memeluk tubuh penggunanya secara menyeluruh muliadari leher hingga daerah paha.

Pembuatan desain jok full bucket sengaja dibuat sedemikian rupa untuk melindungi atau memproteksi tubuh pengguna secara menyeluruh. Dikarenakan jok model tersebut biasanya dipakai pada mobil balap dengan kecepatan yang cukup tinggi di sirkuit balapan.

Sedangkan pada model semi bucket seat mempunyai bentuk seperti jok mobil sport lainnya, hanya saja konstruksinya lebih sedikit berbeda dibandingkan dengan yang full bucket. Terdapat sedikit kelonggaran ketika duduk pada semi bucket seat, dan biasanya dipakai pada mobil sport seperti ferrari, Porsche, atau lexus.


  1. Beli satu set dan rel

Dalam pemilihan jok mobil sport baik versi copotan sports car maupun merk aftermarket, nada juga harus memperhatikan konstruksi pada kaki jok dan rel jok. Pada jok full bucket ataupun semi bucket, penggunaan konstruksi kaki dan rel berbeda. Ketika anda membeli jok sport baiknya anda juga membeli satu set beserta dengan relnya.

Dalam pemasangannya pun anda juga perlu memperhatikan dengan seksama apakah kaki jok mobil sport anda dapat masuk ke dalam lubang kaki jok mobil bawaan sebelumnya. Jika kaki tidak pas dengan lubang jok maka anda perlu membeli atau membuat bracket tambahan yang berfungsi untuk membantu agar jok mobil sport anda dapat terpasang dengan presisi.


  1. Perhatikan dimensi jok dengan kabin

Jangan sampai anda asal beli jok mobil sport tapi malah tidak muat di kabin mobil anda. Anda dapat mengukur dimensi ruang kabin mobil anda kemudian anda tinggal menyesuaikan dimensi jok mobil sport yang akan anda pasang di mobil anda. Dan perlu anda ketahui juga, pada umumnya ukuran jok mobil sport lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran jok mobil bawaan pabrik. 


  1. Ganti sabuk pengaman

Dengan desain atau model jok mobil sport yang berbeda dengan jok mobil pabrikan, tentu penggunaan seat belt atau sabuk pengaman juga berbeda. Dengan bentuk jok mobil sport full bucket, anda harus mengganti sabuk pengaman 4 titik sesuai dengan standar jok balap.


Dalam mengganti atau modifikasi jok mobil anda juga dapat mengganti covernya saja. Terkadang lapisan jok mobil bawaan pabrik memang terasa kurang nyaman bagi sebagian pengguna atau pengendara. Selain itu ada juga yang menginginkan modifikasi jok mobilnya agar terlihat trendy dengan cara mengganti cover jok mobil.

Caranya cukup mudah, sebelumnya anda dapat menentukan bahan yang anda suka. Lalu pilih teknik pemasangan mobil, dapat dengan auto seat cover, semi permanent cover, dan permanent seat cover. Selain itu anda juga dapat menentukan warna dan model atau desain cover yang anda sukai. Ada juga jasa pembuatan cover jok kulit dengan biaya sekitar 750 ribu untuk cover jok kulit yang tidak custom dan sekitar 4 juta untuk motif custom sesuai tingkat kerumitan pada motif.

Demikian tadi beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam modifikasi jok mobil sport Toyota avanza. Beberapa hal di atas merupakan salah satu cara untuk menambah kenyaman anda ketika berkendara menggunakan mobil. Selain desain interior yang menarik, tentunya anda juga harus mengutamakan kenyamanan pengguna mobil modifikasi.