Mengganti Jok Mobil dengan Jok Sintetis Banyak Keuntungannya

Mengganti Jok Mobil dengan Jok Sintetis Banyak Keuntungannya


Anda ingin mengganti jok mobil? Ada dua pilihan jenis jok yang biasanya dipilih, yaitu jok mobil kulit asli dan sintetis. Sebelum memilih, Anda perlu mengetahui perbedaan jok mobil kulit asli dan kulit sintetis. 


Perbedaan dari Jok Kulit Asli serta Sintetis

Berikut ini merupakan sejumlah perbedaan antara jok mobil dengan bahan kulit asli serta sintetis. 

  • Aroma

Perbedaan pertama dari kedua bahan ini adalah aroma. Aroma dari keduanya berbeda. Aroma jok mobil dari bahan kulit asli cukup khas karena ada sedikit bau amis kulit, tapi tak begitu menyengat. Itu karena proses finishing yang sudah diolah dengan sedemikian rupa. Aroma jok mobil kulit asli tak dapat ditiru oleh kulit sintetis. Sedangkan, aroma jok kulit sintetis biasanya memiliki bau menyengat seperti bau karet, apalagi jika masih baru. 

Nah, jika Anda ingin membedakan jok mobil kulit asli atau sintetis, Anda bisa mencium aromanya. 

  • Tekstur

Perbedaan kedua, ada pada teksturnya. Jika diraba secara sekilas, jok kulit asli memiliki tekstur lebih kasar dibandingkan jok kulit sintetis. Walaupun tekstur jok kulit asli lebih kasar, tapi jika digunakan dan dirasakan, rasanya lebih nyaman. Oleh sebab itu, wajar saja jika jok mobil berbahan kulit asli harganya lebih mahal. 

  • Tepian Jok

Tepian jok mobil kulit asli dan kulit sintetis pun berbeda. Di tepian jok kulit asli, saat dipegang cenderung kasar, sementara jok kulit sintetis adalah sebaliknya. 

Bahan kulit sintetis lebih mudah untuk dibentuk ataupun dijahit sehingga kesannya lebih rapi dari kulit asli. Oleh karena itu, biaya pemasangan jok mobil dengan kulit asli lebih mahal karena pemasangannya butuh waktu yang lebih lama serta kesabaran yang ekstra. 

  • Pori-Pori Jok

Perbedaan yang berikutnya dan mungkin belum banyak diketahui oleh para pemilik mobil adalah pada bagian pori-pori bahan. Jok dengan bahan kulit sintetis mempunyai jarak antar pori yang tampak rapi dengan ukuran yang sama. Beda dengan kulit asli, yang mana memiliki jarak antar pori kurang teratur dengan ukuran beda satu sama lainnya. 

Namun, kualitas daya serap keringat, jok mobil dengan bahan kulit asli lebih unggul. Jok ini cocok dipakai pengguna mobil yang kerap beraktivitas di luar ruang. Dengan mempunyai daya serap keringat bagus, jok dengan bahan kulit asli pastinya lebih nyaman dipakai. Anda pun dapat merasakan kenyamanannya ketika duduk langsung di jok setelah menjalani aktivitas melelahkan sehari-hari. Namun, perawatannya harus ekstra karena memang mudah untuk kotor. Pengguna jok ini dapat memakai cairan khusus untuk merawat jok supaya tak cepat kusam. 

  • Label Produk

Label produk antara jok mobil kulit asli dengan sintetis pun beda. Umumnya, produk dengan bahan kulit sintetis sampaikan informasi mengenai bahannya dengan detail. Untuk jok dengan bahan sintetis, biasanya tertulis berbagai macam istilah asing di labelnya, seperti fabric materials, manmade materials, dan lain sebagainya. 

Anda yang ingin pastikan jok dengan bahan kulit asli atau sintetis, bisa cek dahulu labelnya.


Keuntungan Memakai Jok Kulit Sintetis

Jok mobil dengan pelapis kulit sintetis semakin digemari belakangan ini. mobil baru yang joknya belum menggunakan bahan kulit saja banyak dinilai belum terlihat mewah. Maka tidak sedikit pemilik mobil yang ganti pelapis jok menggunakan jok berbahan kulit. 

Selain karena harganya yang cukup murah, nyatanya jok dengan bahan kulit sintetis mempunyai berbagai macam keunggulan dibandingkan dengan jok kulit asli. 

Berikut ini sejumlah keunggulan jok kulit sintetis dibandingkan dengan jok kulit asli:

  • Harga yang Lebih Terjangkau

Harga jok kulit sintetis biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga jok mobil kulit asli. Hal itu karena jok kulit asli lebih susah untuk diproduksi dibandingkan dengan kulit sintetis yang mirip atau menyerupai kulit asli. 

  • Pemasangan yang Lebih Mudah

Lapisan kulit akan ditarik atau stretch saat akan dipasangkan atau diaplikasikan ke jok mobil. Di dalam proses ini kulit sintetis lebih unggul. Itu karena kulit sintetis lebih lentur dibandingkan kulit asli sehingga pemasangannya pun lebih mudah. Pemasangan kulit asli sendiri harus ekstra hati-hati dan biasanya memerlukan waktu yang lebih lama. 

  • Pilihan Warna serta Tekstur yang Lebih Beragam

Bagi yang ingin sesuaikan jok mobil kulit sesuai dengan selera, kulit sintetis berikan berbagai macam pilihan warna serta tekstur yang lebih banyak dibandingkan jok kulit asli. Pasalnya, kulit sintetis adalah kulit buatan yang mirip dengan kulit asli, sehingga pada proses pembuatan bisa ditambahkan berbagai macam tekstur maupun warna tertentu. 

  • Perawatan yang Lebih Minim

Kulit sintetis lebih sedikit perawatan karena sifatnya tak seperti kulit asli yang mempunyai pori-pori. Keuntungan jika tidak berpori, kulit sintetis tak simpan debu serta lebih aman jika terkena tumpahan cairan. 

  • Tak Mempunyai Aroma yang Tertentu

Kulit asli yang memiliki sifat serupa dengan kulit manusia mempunyai aroma khas tertentu yang baunya kian kuat seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini tidak akan ditemui di kulit sintetis dan merupakan keuntungan yang tersendiri untuk Anda yang memang tak suka dengan bau khas dari jok mobil kulit asli. Kulit sintetis yang tak mempunyai aroma tertentu pun lebih aman untuk Anda yang mempunyai alergi pada penciuman. 

Nah, itulah perbedaan antara jok kulit asli dan kulit sintetis. Penggunaan kulit sintetis untuk jok mobil memang semakin banyak belakangan ini karena memang mempunyai beberapa keunggulan. Terlebih harganya yang lebih terjangkau dibandingkan kulit asli.